Nisab Zakat Unta

Nisab Zakat Unta

Permulaan Nishab Zakat Onta

‏( ﻓﺼﻞ ﻭﺃﻭﻝ ﻧﺼﺎﺏ ﺍلإﺑﻞ ﺧﻤﺲ : ﻭﻓﻴﻬﺎ ﺷﺎﺓ ‏) ﺃﻱ ﺟﺬﻋﺔ ﺿﺄﻥ ﻟﻬﺎ ﺳﻨﺔ ﻭﺩﺧﻠﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺃﻭ ﺛﻨﻴﺔ ﻣﻌﺰ ﻟﻬﺎ ﺳﻨﺘﺎﻥ ﻭﺩﺧﻠﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ

Permulaan nishab onta adalah lima ekor, dan di dalamnya wajib mengeluarkan satu ekor kambing, maksudnya kambing jadz’atudla’nin yang telah berusia satu tahun dan menginjak usia dua tahun, atau kambing tsaniyatu ma’zin yang telah berusia dua tahun dan menginjak usia tiga tahun.

ﻭﻗﻮﻟﻪ ‏( ﻭﻓﻲ ﻋﺸﺮ ﺷﺎﺗﺎﻥ ﻭﻓﻲ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ ثلاﺙ ﺷﻴﺎﻩ ﻭﻓﻲ ﻋﺸﺮﻳﻦ ﺃﺭﺑﻊ ﺷﻴﺎﻩ ﻭﻓﻲ ﺧﻤﺲ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﺑﻨﺖ ﻣﺨﺎﺽ ﻣﻦ ﺍلإﺑﻞ ﻭﻓﻲ ﺳﺖ ﻭثلاﺛﻴﻦ ﺑﻨﺖ ﻟﺒﻮﻥ ﻭﻓﻲ ﺳﺖ ﻭ ﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﺣﻘﺔ ﻭﻓﻲ ﺇﺣﺪﻯ ﻭﺳﺘﻴﻦ ﺟﺬﻋﺔ ﻭﻓﻲ ﺳﺖ ﻭﺳﺒﻌﻴﻦ ﺑﻨﺘﺎﻟﺒﻮﻥ ﻭﻓﻲ ﺇﺣﺪﻯ ﻭ ﺗﺴﻌﻴﻦ ﺣﻘﺘﺎﻥ ﻭﻓﻲ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺇﺣﺪﻯ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ثلاﺙ ﺑﻨﺎﺕ ﻟﺒﻮﻥ ‏) ﺇﻟﺦ ﻇﺎﻫﺮ ﻏﻨﻲ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺮﺡ

Perkataan mushannif, “di dalam sepuluh ekor onta wajib mengeluarkan dua kambing. Dan dalam lima belas ekor wajib mengeluarkan tiga ekor kambing. Di dalam dua puluh ekor onta wajib mengeluarkan empat ekor kambing. Di dalam dua puluh lima ekor onta wajib mengeluarkan satu ekor onta bintu makhadl. Di dalam tiga puluh enam ekor onta wajib mengeluarkan satu ekor bintu labun . Di dalam empat puluh enam ekor onta wajib mengeluarkan satu ekor onta hiqqah. Di dalam enam puluh satu ekor onta wajib mengeluarkan satu ekor onta jadz’ah . Di dalam tujuh puluh enam ekor onta wajib mengeluarkan dua ekor onta bintu labun. Di dalam sembilan puluh satu ekor onta wajib mengeluarkan dua ekor onta hiqqah . Dan di dalam seratus dua puluh satu ekor onta wajib mengeluarkan tiga ekor onta bintu labun ” . dan sampai akhir, itu sudah jelas dan tidak butuh untuk disyarahi / dijelaskan lagi.

ﻭﺑﻨﺖ ﺍﻟﻤﺨﺎﺽ ﻟﻬﺎ ﺳﻨﺔ ﻭﺩﺧﻠﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ

Bintu makhadl adalah onta yang berusia satu tahun dan menginjak usia dua tahun.

ﻭﺑﻨﺖ ﻟﺒﻮﻥ ﻟﻬﺎ ﺳﻨﺘﺎﻥ ﻭﺩﺧﻠﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ

Bintu labun adalah onta berusia dua tahun dan menginjak usia tiga tahun.

ﻭﺍﻟﺤﻘﺔ ﻟﻬﺎ ثلاﺙ ﺳﻨﻴﻦ ﻭﺩﺧﻠﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﺍﺑﻌﺔ

Hiqqah adalah onta berusia tiga tahun dan menginjak usia empat tahun.

ﻭﺍﻟﺠﺬﻋﺔ ﻟﻬﺎ ﺃﺭﺑﻊ ﺳﻨﻴﻦ ﻭﺩﺧﻠﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺨﺎﻣﺴﺔ

Jadz’ah adalah onta berusia empat tahun dan menginjak usia lima tahun.

ﻭﻗﻮﻟﻪ ‏( ﺛﻢ ﻓﻲ ﻛﻞ ‏) ﺃﻱ ﺛﻢ ﺑﻌﺪ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺍﻟﺘﺴﻊ ﻋﻠﻰ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺇﺣﺪﻯ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﻭﺯﻳﺎﺩﺓ ﻋﺸﺮ ﺑﻌﺪ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺍﻟﺘﺴﻊ ﻭﺟﻤﻠﺔ ﺫﻟﻚ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺃﺭﺑﻌﻮﻥ ﻳﺴﺘﻘﻴﻢ ﺍﻟﺤﺴﺎﺏ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻓﻲ ﻛﻞ ‏( ﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﺑﻨﺖ ﻟﺒﻮﻥ ﻭﻓﻲ ﻛﻞ ﺧﻤﺴﻴﻦ ﺣﻘﺔ)

Dan perkataan mushannif “kemudian di dalam setiap empat puluh ekor onta wajib mengeluarkan satu ekor onta bintu labun. dan setiap lima puluh ekor onta wajib mengeluarkan satu onta hiqqah”, maksudnya adalah kemudian setelah bertambah sembilan ekor onta dari jumlah seratus dua puluh satu, dan setelah sembilah ekor tersebut bertambah sepuluh ekor onta lagi sehingga jumlahnya menjadi seratus empat puluh ekor onta, maka hitungannya menjadi pasti, yaitu setiap hitungan empat puluh ekor onta wajib mengeluarkan satu ekor onta bintu labun , dan setiap hitungan lima puluh ekor onta wajib mengeluarkan satu ekor onta hiqqah .

ﻓﻔﻲ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﺣﻘﺘﺎﻥ ﻭﺑﻨﺖ ﻟﺒﻮﻥ ﻭﻓﻲ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺧﻤﺴﻴﻦ ثلاﺙ ﺣﻘﺎﻕ ﻭﻫﻜﺬﺍ

Maka di dalam seratus empat puluh ekor onta wajib mengeluarkan dua ekor onta hiqqah dan satu ekor onta bintu labun. dan di dalam seratus lima puluh ekor onta wajib mengeluarkan tiga ekor onta hiqqah. Dan begitu seterusnya.(ir/kuliahislam)

Sumber : Fathul Qorib