Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis

Puasa sunnah Senin Kamis ternyata mempunyai keistimewaan looo….

Puasa termasuk syariat Islam yang harus tegak di atas keikhlasan. Karena itu puasa adalah rahasia antara seorang hamba dengan Rabbnya, tiada yang mengetahuinya kecuali hanya Allah Swt.

Sehingga puasa mempunyai pahala yang sangat besar dan ganjaran yang sangat melimpah, karena ia merupakan pendekatan kepada Allah Swt. dalam mencari ridha-Nya.

Selain dari kewajiban kepada Allah Swt dan mengharap pahala, sebenarnya Allah Swt. memerintahkan sesuatu kepada hambanya karena memiliki manfaat sebab tidak ada yang Allah Swt ciptakan dan perintahkan kepada hambanya yang sia-sia, khususnya yang berkiatan dengan puasa.

Sebagian orang pasti sudah mengetahui tentang puasa sunnah Senin Kamis, akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui keistimewaan puasa sunnah Senin Kamis, karena hukumnya sunnah.

Puasa sunnah Senin Kamis merupakan puasa yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis. Secara khusus, puasa ini dinyatakan Rosulullah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Muslim Tirmidzi, yang artinya:

“Abu Qatadah r.s berkata, pernah Rosulullah saw ditanya tentang puasa di hari Senin. Jawabannya: “Hari itu saya dilahirkan dan di hari itu saya diutus serta qur’an diturunkan kepadaku”. (HR.Muslim).

Hadis yang diriwayatkan oleh Muslim tersebut menegaskan bahwa hari Senin adalah hari kelahiran Nabi Muhammdad saw, dipilihna ia sebagai Nabi Allah, dan hari diturunkannya al qur’an oleh karenanya Nabi gemar berpuasa di hari Senin (Umi, 2014).

Hari kamis diucapkan Nabi dalam hadistnya yang artinya:

“Dari abu hurairah, bahwa nabi SAW selalu berpuasa senin kamis , lalu ditanyakan: Wahai Rasululloh sesungguhnya engkau selalu berpuasa senin kamis! Beliau Menjawab “sesungguhnya hari senin dan kamis adalah dua hari dimana Alloh mengampuni setiap muslim, kecuali dari orangyang saling bertengkar. Alloh berfirman tinggalkan keduanya hingga keduanya berdamai”. (HR. Ibnu Majjah).

Ditegaskan bahwa hadist tersebut bahwa amal perbuatan manusia akan diperiksa pada dua hari Senin dan Kamis. Allah mengampuni setiap muslim pada hari senin dan kamis (Kaysan, 2015).

Adapun keutamaan puasa Senin Kamis yaitu Hari Senin dan Kamis merupakan hari dimana amalan setiap manusia dilaporkan dan dilihat langsung oleh Allah Swt. sebagaimana Nabi Muhammad Saw.

Selain itu juga dari aspek sosial terdapat manfaat bahwa dengan berpuasa sunnah senantiasa membiasakan pengamalnya untuk tetap disiplin, bersatu, cinta keadilan dan persamaan,

serta menimbulkan pearasaan kasih sayang dalam diri muslim serta mengarahkan untuk selalu berbuat kebajikan (Ulfah, 2016)

Selain mempunyai keutamaan, puasa Senin Kamis juga dapat menjaga kestabilan iman, dengan beberapa alasan sebagai berikut:

  1. Puasa Senin Kamis adalah media monitoring aktivitas keseharian dalam sepekan. Dua hari sebagai monitor untuk tujuh hari kedepan dengan selang tengah, yaitu hari kamis, merupakan momentum strategis untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  2. Puasa Senin Kamis adalah “pengendali” segala hawa nafsu manusia. Sebagaimana dalam adab perilaku berpuasa, maka dengan berpuasa segala tindakan dan ucapan akan jauh dari segala bentuk kegaduhan, kebohongan dan kelicikan.
  3. Puasa Senin Kamis adalah motivator terbesar dalam setiap langkah kita untuk mencapai tujuan hidup. Dalam kondisi perut lapar, bukan berarti kita kehabisan energi untuk melakukan kreatifitas. Justru sebaliknya dengan kondisi perut demikian, semangat aktivitas semakin kreatif dan inovatif.
  1. Puasa Senin Kamis adalah pembersih hati dan penyuci jiwa dari segala noda kebersihan atas karya-karya manusia (Kaysan, 2015). (novia_khil/kuliahislam)

 

SUMBER:

Kaysan, Ahmad Tubagus. 2015. Dahsyatnya dibalik Puasa Senin Kamis (Skripsi). Bangka Belitung: STAIN Bangka Belitung.

Masitoh, Umi. 2014. Peranan Puasa Sunnah Senin Kamis dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakrta (Skripsi). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Ulfah, Zakiah. 2016. Manfaat Puasa dalam Perspektif Sunnah dan Kesehatan (Skripsi). Medan: UIN Sumatra Utara.

liputan6 (image).