Inilah Etika Dalam Menjalani Ibadah Puasa

Inilah Etika Dalam Menjalani Ibadah Puasa

Hukum Ngabuburit Saat Berpuasa

Seperti biasanya, Kang Burhan sering mengajak teman-temannya ngabuburit jalan-jalan sambil melihat-lihat apa saja yang ditemuinya. Setiap hari itu, Kang Burhan mendatangi pasar sore untuk melihat-lihat berbagai jenis macam menu buka puasa. Mulai ayam bajar, sate madura, es campur, es teller, jajanan, gorengan dan lain-lain sebagainya. Lantas, apakah kebiasaan Kang Burhan ini dianggap baik ? jawabannya ialah Tidak baik dan hukumnya makruh.

Referensi :

وينبغي له كف النفس عن الشهوات التى لاتبطل الصوم كشم الرياحين والنظر اليها ولمسها لما في ذلك من الترفه الذى لا يكاسب حكمة الصوم ويكره ذلك (قوله والنفس عن الشهوات) من المسموعات والمبصرات والمشمومات والملابس قال شيخنا ولو فى يوم جمعة ثقديما للنهي الخاص على التطيب فيه العام كما لو وافق يوم عيد يوم استسقاء (قوله وانه يكره له دخول تاحمام) قال الأذرعي يعنى من غير حاجة لجواز ان يضره فيفطر

  • (أسنى المطالب شرح روض الطالب الجزء الأول ٢٤٥ مكتبة دار الفكر)

Baca Juga :

Hukum Banyaknya Tidur Saat Berpuasa

Puasa ramadhan yang seharusnya dimanfaatkan untuk melatih diri melawan nafsu dengan merasakan pahitnya rasa haus dan lapar. Akan tetapi, malah bermalas-malasan dengan banyak tidur sampai seharian. Tidak lain alasan yang dijadikan pembenar atas tindakan tersebut adalah bahwa tidurnya orang yang sedang puasa adalah ibadah.

Pertanyaan :

  1. Apakah banyak tidur di saat sedang puasa dapat dibenarkan ?
  2. Lalu apa sebenarnya maksud dari ungkapan “Tidurnya orang yang sedang puasa adalah ibadah” ?

Jawaban :

  1. Tidak dibenarkan, karena tidak sesuai dengan etika berpuasa.
  2. Tidurnya orang puasa yang bernilai ibadah adalah bila ada tujuan supaya kuat untuk beribadah atau menghindar dari hal-hal yang diharamkan seperti bergosip, ngobrol yang tak ada faidahnya dan lain-lain sebagainya.

Baca Juga :

Referensi :

  • النصائح الدينية : ١٧٢
  • احياء علوم الدين الجزء الأول : ٢٣٥
  • لطائف المعارف فيما المواسم العام من الوظائف : ١٦٨
  • خصائص الامة المحمدية : ١٨٨ السيد محمج علوي بن عباس المالكى المكى الحسينى
  • فتاوى الأزهر

Hukum Disuguhi Makanan Saat Berpuasa

Saat ziarah ke makam wali yang berada di Jawa Timur, Kang Burhan menyempatkan diri mampir kerumah temannya, sebut saja Lukman. Karena lama tidak pernah bertemu, kedatangan Kang Burhan tentu membuat Lukman gembira. Tidak berselang lama, Kang Burhan yang ketepatan sedang puasa sunnah, kaget setelah mengetahui di hormati dengan berbagai macam suguhan. Ia bingung harus berbuat apa, jika harus membatalkan puasa, rasanya berat karena sudah istiqomah puasa senin-kamis, tapi jika tidak, ia takut akan mengecewakan temannya.

Pertanyaan :

  • Bagaimana sikap yang tepat bagi Kang Burhan ?

Jawaban :

  • Bila tetap berpuasa akan menyebabkan kecewa dan sebaiknya ia membatalkan puasanya dan memakan suguhan tersebut demi membahagiakan teman.

Referensi :

  • إحياء علوم الدين الجزء الثاني : ١٤
  • مشكاة المصابيح مع شرحه مرعاة المفاتيح الجزء السابع : ٢١٦

Hukum Main Game Saat Berpuasa

Bulan ramadhan adalah bulan yang suci, bulan dimana orang Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Namun, kadang sebagian masyarakat mengisi bulan suci ini dengan kegiatan-kegiatan yang tidak berguna, seperti main game, facebookan, nonton TV, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Lantas, sebenarnya bagaimanakah etika dalam menjalani hari-hari di bulan suci ramadhan ?

Etika dalam menjalani hari-hari itu ialah dengan tidak menyibukkan diri dengan hal-hal yang bersifat duniawi, harus senantiasa di isi dengan kesibukan beribadah.

Referensi :

  • النصائح الدينية : ١٧٣

(ir/kuliahislam)

 

Sumber : Wasilah Menjadi Insan Mulia, Akhlake Kang !, Lirboyo Press 2016