Doa Dan Dzikir Yang Diajarkan Nabi Muhammad Saw (2)

Doa Dan Dzikir Yang Diajarkan Nabi Muhammad Saw (2)

Kajian Kitab Al-Adzkar Karangan Imam An-Nawawi

Lanjutan Pembukaan Sebelumnya:

وقد صنف العلماء رضى الله عنهم فى عمل اليوم والليلة والدعوات والأذكار كتبا كثيرة معلومة عند العارفين ولكنها مطوّلة بالأسانيد والتكرير فضعفت عنها همم الطالبين فقصدت تسهيل ذلك على الراغبين

Dan banyak karangan para ulama yang menulis tentang doa dan dzikir untuk mengiringi setiap perbuatan dan pekerjaan di siang hari dan malam hari. Mayoritas tulisan tersebut adalah dalam bentuk tulisan panjang, lengkap dengan sanad dan berbagai pengulangan, hal ini menimbulkan kesulitan bagi para pembaca untuk mendapatkan dan menemukan doa dan dzikir tersebut.

فشرعت فى جمع هذا الكتاب مختصرا مقاصد ما ذكرته تقريبا للمصدقين وأخذف الأسانيد فى معظمه ذكرته من إيثار الختصار ولكنه موضوعا للمتعبدين وليسوا الى معرفة الأسانيد متطلعين بل يكرهونه وان قصر إلا الاقلين ولأن المقصود به معرفة الأذكار والعمل بها وإيضاح مظانها للمسترشدين

Baca Juga:

Oleh karena itu, saya bermaksud untuk menghimpunnya dalam sebuah tulisan yang ringkas sehingga mempermudah dalam mencari dan menemukan doa dan dzikir tersebut. Saat menyebutkan atsar yang ringkas, maka saya tidak mencantumkan sanad-sanad yang panjang tersebut dan meletakkannya dalam satu judul karena memang maksudnya adalah memberikan tuntunan kepada orang-orang yang akan beribadah kepada Allah, bukan untuk mengetahui silsilah riwayat sanad-sanad yang panjang tersebut.

Memang ada sebagian orang yang tidak menyukainya, tetapi itu hanya sebagian kecil saja sebab sebagaimana telah disebutkan tujuan utama penyusunan ini adalah untuk mengetahui dzikir-dzikir serta mengamalkannya dan menjadi penjelasan yang tepat bagi mereka yang membutuhkan petunjuk dan nasehat.

Baca Juga:

وأذكر ان شاء الله تعالى بدلا من الأسانيد ما هو أهمّ منها مما يخل به غالبا وهو بيان صحيح الأحاديث وحسنها وضعيفها ومنكرها فانه مما يفتقر الى معرفته جميع الناس الا النادر من المحدثين وهذا أهم ما يجب الاعتناء به وما يحققه الطالب من جهة الحفاظ المتقنين والأئمة الحذاق المعتمدين وأضم اليه ان شاء الله جملا من النفائس من علم الحديث ودقائق الفقه ومهمات القواعد ورياضات النفوس والآداب التى تتأكد معرفتها على السالكين وأذكر جميع ما اذكره موضحا بحيث يسهل فهمه على العوام والمتفقين

Sebagai pengganti sanad-sanad yang tidak dicantumkan itu, insya Allah saya akan menyertakan penjelasan secara umum tentang derajat hadis-hadisnya, mana yang shahih, hasan, dha’if dan mana yang mungkar dari hadis-hadis tersebut.

Dan itu juga merupakan hal yang sebenarnya tidak banyak perlu diketahui oleh manusia, hanya mungkin sangat dibutuhkan oleh sebagian kecil seperti mereka yang memahami tentang ilmu hadis. Hal inilah yang perlu diperhatikan dan akan mengokohkan para pemerhati dari aspek keterpeliharaan para penghafal yang cermat dan para pakar yang teliti.

Baca Juga:

Dalam penyusunan ini, insya Allah akan saya sertakan sejumlah intisari ilmu hadis, fikih, dan kaidah-kaidah penting, termasuk juga olah jiwa dan etika yang dengannya diharapkan dapat memperkuat keyakinan mereka yang mencari jalan. Di samping itu, apa yang saya tulis ini, saya kemas secara jelas sehingga mudah dipahami oleh mereka yang masih awam, apalagi bagi mereka yang sudah dalam pemahamannya. (ir/kuliahislam)

 

Sumber: Kitab al-Adzkar an-Nawawiyyah hal. 1-2, Daru Ihya’