5 Cara Meningkatkan Profit Bisnis Online

5 Cara Meningkatkan Profit Bisnis Online

Dear,

Anda pelaku online shop?
Lagi bingung kenapa bisnisnya boncos mulu?
Atau sudah mulai profit tapi bingung bagaimana cara meningkatkan profitnya?
Sudah melakukan berbagai cara tapi tetep gitu-gitu aja?

Hmm tenang.. Anda tidak sendiri, banyak temannya hhee..
kali ini saya akan bocorkan sebuah cara sederhana untuk meningkatkan penjualan bisnis online, atau pengusaha jaman now menyebutnya ‘how to scale-up’.
Banyak pelaku usaha yang ingin meningkatkan penjualan tapi sering terjebak dalam kebingungan mulai dari mana? Atau keterbatasan ilmunya sehingga ‘action-nya’ itu-itu aja sehingga akhirnya usahanya pun hanya muter-muter tanpa ada peningkatan berarti.

Sebuah strategi yang diperkenalkan oleh Bradley Sugar (pendiri Action Coach) yang diberi nama 5 Ways to increase your business yang artinya ada 5 cara untuk meningkatkan bisnis Anda. Ini strategi sebenarnya berlaku untuk semua jenis usaha. Tapi kali ini saya fokuskan untuk membahas dari sisi bisnis online saja.
Hasilnya akan luar biasa apabila bisa menggunakan kelima cara tersebut, bahkan apabila Anda hanya bisa menggunakan 1 atau 2 caranya saja maka hasilnya pun udh luar biasa. Apa saja 5 cara itu? Lihat gambar berikut ini!

5 cara meningkatkan profit toko online

Perhatikan gambar tersebut. Sering pelaku usaha hanya fokus ke hasil yang warna hijau (customer, Revenue & Profit). Padahal yang warna hijau itu hanyalah hasil alias akibat. Padahal mustinya fokus ke sebabnya atau prosesnya, 5 cara yang warna putih tersebut.

Sebagaimana dalam prinsip manajemen bahwa segala sesuatu harus bisa diukur, karena yang tidak bisa diukur tidak bisa diperbaiki atau ditingkatkan. Nah, yang bisa diukur & ditingkatkan adalah 5 cara yang warna putih itu. Coba kita kasih angka di tiap proses tersebut seperti dalam gambar berikut :

5 cara menaikkan profit bisnis online kuliah islam dengan angka

Misalnya jumlah lead ada 4.000 dengan rasio konversi 25% maka akan menghasilkan pembeli sejumlah 1.000 orang. Nah, kalau tiap pembeli itu membeli sebanyak 2x dengan rata-rata per transaksi adalah $100 maka akan menghasilkan omset penjualan $200.000. Kemudian apabila margin keuntungan 25% maka menghasilkan profit senilai $50.000.

So, kalau kita bisa menaikkan cukup dengan 10% saja pada tiap proses, maka hasilnya profit bisa lebih dari 60%. Perhatikan gambar berikut ini!

Nah, itu baru 10% di tiap proses. Bagaimana jika bisa menaikkan 20% di tiap prosesnya? Pasti peningkatan profitnya akan sangat fantastis.

Tapi berita buruknya adalah bahwa pada realitanya sangat sulit menaikkan semua proses itu secara terus menerus, apalagi di bagian margin, bisa-bisa pelanggan justru lari karena harga produk kita jadi makin mahal 😊. Maka kita musti memilih pada proses mana yang bisa kita tingkatkan secara signifikan sehingga hasilnya juga bisa meningkat signifikan pula. Kita bisa mulai dari meningkatkan jumlah leads/prospek atau mulai dari konversi atau jumlah transaksi atau mana aja yang paling memungkinkan.

Setiap cara untuk menigkatkan proses tersebut tentu butuh strategi khusus. Insya Allah saya akan jelaskan di artikel berikutnya. Tapi gambaran singkat diatas semoga cukup memberikan ide atau inspirasi baru buat Anda.

Silakan pilih strategi yang mana yang akan Anda eksekusi duluan untuk meningkatkan profit bisnis online Anda

  1. Strategi meningkatkan jumlah leads/prospek bisnis online
  2. Trik untuk meningkatkan rasio konversi bisnis online
  3. Bagaimana meningkatkan jumlah transaksi pelanggan bisnis online
  4. Membuat pelanggan menaikkan nominal rata-rata per transaksi
  5. Jurus meningkatkan margin keuntungan bisnis online tanpa pelanggan merasa kemahalan

5 cara itu adalah inti daripada inti untuk menaikkan profit bisnis online Anda.
Oya, itu hanyalah strategi manusia, jangan lupa banyak berdoa kepada Yang Maha Kuasa dan perbanyak sedekah, karena bisa jadi doa mereka yang Anda bantu yang bakal dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa.

Tetap semangat
Salam Scale-up

Oleh : Asyrof Demuria
Artikel : kuliahislam.com